rekomendasi pipa AC

Rekomendasi Pipa AC Berdasarkan PK dan Ketebalannya

Dalam memilih pipa AC, ukuran ketebalan wajib diperhatikan. Ini sangat penting agar pipa tersebut dapat mengalirkan refrigerant dengan aman tanpa kebocoran. Jika Anda salah pilih, maka potensi kebocoran lebih tinggi dan menimbulkan bunga es pada pipa hingga freon habis. Demi menghindari hal-hal tersebut, Anda dapat menyimak rekomendasi pipa AC yang baik dan sesuai standarnya.

Tim Sejasa telah mengumpulkan informasi penting untuk Anda. Yuk, simak di bawah ini.

Mengapa Pipa AC Harus Tebal?

Dalam memilih pipa AC, Anda harus memperhatikan tingkat ketebalannya. Menggunakan pipa yang tebal dapat memilimalisir berbagai pemasalahan, seperti kebocoran atau flaring pipa yang retak.

Pipa yang terlalu tipis dapat menyebabkan tekanan tinggi pada system, sementara pipa yang terlalu tebal dapat menghambat aliran freon.

Ketebalan pipa sangat berpengaruh pada kualitas AC, sama halnya dengan panjang pipa. Apabila jaraknya terlalu dekat dengan unit AC, maka dapat menyebabkan sirkulasi udara yang tidak stabil.

Standar Ketebalan Pipa AC yang Baik

Berikut adalah standar ketebalan pipa AC yang baik berdasarkan ukuran PKnya.

Ukuran PK AC Diameter / ketebalan pipa
1 PK

1/4 inch / 6,35 mm
3/8 ich / 9,52 mm

2 PK 1/4 inch / 6,35 mm
1/2 ich / 12,7 mm
2 1/2 PK 1/4 inch / 6,35 mm
5/8 ich / 15,8 mm
3 – 4 PK 3/8 inch / 9,52 mm
5/8 inch / 15,8 mm
Disarankan Anda menghindari pipa dengan ketebalan di bawah 0,5 mm untuk pipa gas dan di bawah 0.48 mm untuk pipa cair. Selain ketebalan pipa, Anda juga haru memperhatikan kualitas tembaga terbaik agar tahan lama dan tidak mudah mengalami korosi.

Rekomendasi Jenis Pipa AC

Di bawah ini merupakan beberapa jenis pipa AC berkualitas yang dapat Anda jadikan referensi.

Pipa AC Merk Tateyama

pipa ac tateyama

Pipa AC ini merupakan yang berkualitas tinggi dan sudah memiliki standar terbaik. Selain ini, pipa ini tahan dengan kebocoran.

Pipa ini dapat digunakan untuk AC dengan freon R407A, R410A, dan R407C. Pipa ini juga dilengkapi dengan lapisan closed cell crosslinked polyurethane foam yang dipercaya bisa memberikan daya lebih lama dibanding sinar matahari.

Pipa AC merk Tateyama memiliki ketebalan 0,6 mm. Tersedia dalam ukuran 1 meter sampai dengan 30 meter.

Pipa AC Merk Artic

pipa AC artic

Pipa AC ini merupakan model paling populer karena ramai di pasaran serta kualitasnya yang baik juga. Pipa ini merupakan jenis annealed, yang untuk menggabungkan nya dilakukan dengan cara membuang sambungan flare atau flaring.

Pipa AC merk Artic memiliki ketebalan mulai dari 0,4 mm sampai 0,5 mm. Produk ini dapat digunakan untuk 1/2 PK hingga 6 PK, sehingga cocok untuk berbagai kapasitas AC.

Pipa AC Merk Hoda

Pipa Ac Hoda

Pipa dengan merk ini cukup populer dan banyak digunakan oleh pengguna AC di Indonesia, baik itu untuk di pabrik, kantor, toko, dan perumahan.

Produk merk Hoda memberikan kualitas yang cukup premium dan handal, sehingga memiliki risiki kebocoran yang minim.

Pipa AC merk Artic memiliki ketebalan sekitar 0,5 hingga 0,6 mm, serta cukup bervariasi untuk AC dengan 1/2 PK hingga 5 PK, dengan freon R22, R410A, dan R32.

Pipa AC Merk Daikin

Pipa AC ini termasuk dalam kategori grade paling tinggi, sehingga sangat handal dan tahan lama. Produk ini dibuat khusus untuk mencegah terjadinya kondensasi dan korosi pada sistem pipa, sehingga bisa membantu menjaga suhu pipa agar lebih stabil.

Pipa AC merk Daikin memiliki ketebalan mulai dari 0,8 mm, termasuk paling tebal dibandingkan merek lainnya. Pipa merek ini tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 1/2 PK hingga 2,5 PK.

Apabila Anda ingin memasang AC, maka pastikan untuk mengetahui jenis pipa AC yang cocok untuk AC yang akan dipasang. Dengan begitu, Anda tahu mana yang memiliki kualitas terbaik.

Jika membutuhkan jasa pemasangan AC oleh teknisi profesional, Anda bisa mengunjungi website sejasa.com atau unduh Aplikasi Sejasa di Play Store atau Apple Store. Tersedia garansi hingga 60 hari* setelah pengerjaan.

layanan Service AC Sejasa dapat melakukan pemasangan pipa AC