pasang ac yang benar

Ini Cara Pasang AC yang Benar dan Hal yang Harus Dipersiapkan!

Mau pasang AC baru di rumah atau apartemen, tapi bingung harus mempersiapkan apa saja dan cara pasangnya? Anda berada di artikel yang tepat.

Tim Sejasa telah merangkum informasi penting untuk Anda yang masih awam dalam hal pemasangan AC. Simak artikel ini hingga akhir ya!

Peralatan dan Material yang Harus Dipersiapkan

Peralatan yang diperlukan untuk pemasangan AC di antaranya yaitu: bor, mata bor beton, obeng plus-minus, kunci inggris, kunci L 4mm dan 5 mm, waterpass, meteran, cutter tube, flaring tool, reamer, serta tang potong.

Sedangkan untuk bahan atau materialnya yaitu unit indoor dan outdoor AC, pipa tembaga, bracket indoor, bracket outdoor, fisher dan skrup, MCB dan box MCB, duct tape, pipa PVVC, kabel NYM.

Cara Pasang AC yang Baik dan Benar

AC bocor seringkali menjadi suatu masalah umum yang terjadi berkaitan dengan pemasangan AC. Nah, untuk itu Anda perlu mengetahui dan memahami cara pasang AC yang benar agar tidak bocor, sehingga ruangan jadi dingin optimal.
Berikut ulasannya:

Tentukan Lokasi Pemasangan AC

pemasangan AC di dalam kamar

Apabila Anda sudah menentukan ruangan mana yang akan dipasang AC, maka selanjutnya tentukan titik atau posisi mana yang dapat mencakup seluruh sudut ruangan.
Jarak ideal pemasangan AC yang harus diperhatikan yaitu terhadap plafon, dinding, dan lantai.

  • Jarak unit indoor dengan plafon: 15-20 cm
  • Jarak indoor dengan lantai: 2-2.5 m

Berikut hal lain yang bisa jadi bahan pertimbangan:

  • Pastikan arah hembusan angin dari AC tidak akan langsung mengenai tubuh.
    Ini penting karena jika terjadi, akan memunculkan efek buruk bagi Kesehatan tubuh, seperti kulit kering dan gangguan pernapasan.
  • Pastikan AC tidak berada di atas alat elektronik
    Dengan menghindari pemasangan AC di atas sumber listrik dan alat elektronik, bertujuan agar benda tersebut terhindar dari tetes air atau kebocoran pada AC. Hal ini bisa berdampak pada korlesting listrik.
  • Pilih lokasi yang cukup luas
    Poin ini penting agar memudahkan Anda saat proses pembersihan atau pemeriksaan AC nantinya.

Pasang Bracket Indoor AC

Setelah mantap menentukan titik atau lokasi pemasangan AC, Anda bisa memulai pemasangan bracket AC.
Anda bisa melakukan pemasangan AC dengan menggunakan fisher dan sekrup. Pastikan untuk memasang AC ke bracket dengan rata agar tidak terjadi kondensasi.

Gunakan waterpass untuk menandakan titik sejajar agar bracker terpasang dengan baik dan tidak miring. Kemudian, lubangi dinding dengan mata bor beton. Sejajarkan lubang bracket dengan lubang yang sudah dibor, dan masukkan fisher ke lubang. Kencangkan dengan sekrup sesuai dengan lubang yang sudah dibor.

Membuat Lubang Pipa Indoor

Lubang ini berguna sebagai tempat masuknya pipa tembaga, kabel listrik, dan pipa pembuangan air AC. Lubang ini biasanya ada di samping bracket indoor.

Anda bisa membuat lubang ini dengan bor hollow, dan pembuatannya sedikit miring agar air bisa terbuang dengan lancar keluar.

Pasang Unit Indoor AC

pemasangan indoor AC

Sebelum itu, Anda harus memasang kabel power dan kabel balikan ke outdoor. Keduanya disatukan dengan pipa tembaga, pipa pembuangan, dan dibungkus menjadi satu menggunakan duck tape.

Kemudian, saatnya memasangkan unit indoor pada bracket yang sudah dibuat sebelumnya. Anda bisa memasangnya dengan mengangkat unit indoor ke atas, lalu tekan ke bawah agar terkunci.

Pasang Kabel Power Indoor

Pada unit indoor AC, terdapat terminal-terminal kabel yang terdiri dari power dan kabel kebalikan.

  • Buka penutup terminal pada unit indoor.
  • Pada terminal biasanya tertera simbol terminal L (Line), N (netral) dan terminal 1 dan 2.
  • Terminal L dan N pada indoor akan dihubungkan ke sumber tegangan listrik PLN.
  • Terminal 1 dan 2 akan disambungkan ke unit outdoor dengan sebuah kabel (disebut juga: kabel balikan).
  • Berikan pengaman MCB dari sumber ke kabel input power AC.

Pasang Unit Outdoor

pasang outdoor AC Posisikan unit outdoor dengan jarak yang masih terjangkau atau tidak jauh dari AC indoor. Beri jarak minimal 30 cm di antara sambungan pipa indoor dan outdoor.

Anda bisa melakukan pemasangan outdoor AC menggunakan 2 bracker outdoor dengan dinambol. Pemasangan unit outdoor harus kencang dan kuat, karena ketika dinyalakan outdoor akan bergetar. Ini berasal dari kompresor dan kondensor yang bekerja.

Pasang Pipa Tembaga

Untuk AC split dengan kapasitas ½ PK, ¾ PK dan 1 PK, ukuran pipa tembaga yang digunakan adalah 1/4 inch dan 3/8 inch. Semakin besar kapasitas AC, maka semakin besar pula ukuran pipa yang dibutuhkan. Berikut merupakan langkah penyiapan pipa tembaga AC:

  • Potong pipa tembaga sesuai kebutuhan panjang pipa antara unit indoor dan outdoor. Setelah itu, haluskan ujung pipa dengan reamer
  • Masukkan flare nut, yang berfungsi sebagai mur untuk mengencangkan ujung pipa tembaga ke unit indoor dan outdoor.
  • Lakukan flaring pipa dengan flaring tool
    Yaitu mengembangkan ujung pipa tembaga agar dapat disambungkan dengan flare fitting (naple).
  • Pasang salah satu ujung pipa 1/4 dan 3/8 pada unit indoor, lalu kencangkan dengan dua buah kunci inggris
  • Pasangkan ujung sebelahnya pada kran tow way dan three way yang ada pada outdoor, lalu kencangkan dengan dua buah kunci inggris.

Pasang Kabel Balikan ke Outdoor

Sambungkan kabel indoor ke terminal unit outdoor.  Terminal 1 indoor harus dihubungkan pada terminal 1 outdoor, Terminal 2 indor harus dihubungan pada terminal 2 indoor namun tidak boleh dihubungan ke terminal 1 outdoor.

Periksa Kebocoran AC

Setelah itu, Anda bisa memeriksa kebocoran AC dengan memastikan sambungan pipa benar-benar rapat dan tidak bocor

Vacuum

Vacuum berfungsi untuk membuang udara yang ada di dalam AC, sehingga tidak ada zat selain refrigeran/freon di dalamnya.

Tes Menghidupkan AC

Sebelum itu, rapikan semua peralatan sebelum menghidupkan AC.  Running tes penting untuk mengetahui apakah unit indoor dan outdoor sudah bekerja secara normal dan apakah freon AC sudah pas atau belum.

Cek Akhir

Terakhir, Anda perlu membungkus pipa tembaga AC menggunakan busa vinyl foam. Ini berfungsi untuk mengisolasi suhu dingin yang ada di dalam pipa AC.

Apabila membutuhkan bantuan dalam pemasangan AC, Anda dapat menemukan teknisi profesional melalui platform Sejasa. Kami akan menghubungkan Anda dengan mitra penyedia jasa yang berpengalaman dalam pemasangan AC. Terdapat pilihan layanan pasang AC untuk 0.5-1 PK dan 1.5-2 PK. Anda dapat memilih layanan yang sesuai dengan unit AC.

Unduh aplikasi Sejasa  di Play Store atau Apple Store, atau kunjungi website sejasa.com sekarang. Kami siap mempermudah Anda dalam menemukan penyedia jasa profesional dengan harga terstandarisasi dan layanan berkualitas. Garansi hingga 60 hari*.

Sejasa dapat melakukan pasang AC