kompresor AC rusak

Catat, Ini 6 Tanda-tanda Kompresor AC Rusak Beserta Cara Mengatasinya!

AC rusak seringkali disebabkan oleh salah satu komponen yang tidak berfungsi dengan baik. Kompresor merupakan komponen yang berperan penting untuk mendinginkan udara. Apabila kompresor rusak, tentu akan menyebabkan udara tidak dingin, bahkan berujung pada kerusakan unit.

Tanda-tanda kompresor rusak bisa diketahui dari beberapa hal. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Kompresor Pada AC?

kompresor AC

Kompresor pada unit AC merupakan komponen inti yang bertanggungjawab untuk meningkatkan tekanan dan suhu refrigerant. Kompresor AC bekerja utuk menghisap dan mendorong udara dingin, sehingga terjadinya perubahan gas refrigerant dari gas menjadi cair, dan kembali lagi.

Tanda-tanda Kompresor AC Rusak

Suhu AC Tidak Stabil

Ketika kompresor mulai rusak, maka ruangan akan terasa kurang dingin, bahkan AC mengeluarkan udara yang hangat. Ini disebabkan oleh kemampuan AC yang mulai menurun untuk mendinginkan ruangan, sehingga refrigerant tidak bisa memproses refrigerant dengan optimal.

Mulai Terdengar Suara Bising

Suara yang bising seperti berdengung atau bergetar pada unit indoor maupun outdoor AC menjadi tanda kerusakan internal kompresor. Apabila hal ini terjadi, pastikan Anda mematian unit AC dan segera memanggil teknisi untuk melakukan pengecekan.

Kebocoran Pada Refrigeran

Kebocoran ini biasanya akan terjadi pada beberapa titik yang terdapat dalam sistem AC. Apabila setelah dicek, kebocoran ada tepat di dekat kompresor, maka ini pertanda adanya kerusakan pada bagian segel atau kompresor.

Tagihan Listrik Membengkak

Kompresor AC yang rusak dan tidak efisien akan berdampak pada kenaikan tagihan listrik. Sebelum hal ini terjadi, biasanya sekring listrik (sirkuit breaker) akan bolak-balik putus.

Hal tersebut bisa terjadi karena kompresor terlalu panas dan terlalu banyak daya listrik yang digunakan. Apabila sekring listrik terputus saat menghidupkan AC, sebaiknya segera cabut kabel AC dari stop kontak demi keamanan. 

Keluar Bau Tidak Sedap

Bau tidak sedap ini biasanya mirip eperti bau hangus atau bau bahan Kimia yang terbakar. Ini bisa muncul karena kebocoran atau overheating pada refrigerant. Ketika hal ini terjadi, pastikan Anda segera mematikan unit AC.

Ampere Kompresor AC Tinggi

Pada kondisi ini, mesin AC bekerja terlalu beras, sehingga melebihi batas maksimalnya.
Ada beberapa factor eksternal lainnya yang bisa menyebabkan ampere kompresor naik, yaitu:

  • Terlalu banyak mengisi refrigerant
  • Kondensor kotor
  • Ukuran kapasitor diganti dengan yang lebih tinggi
  • Sistem AC tercampur dengan uap air dan udara

Cara Mengatasi Komporesor AC Rusak

mesin indoor AC yang memperlihatkan kompresor AC rusak

Apabila Anda mendapati salah satu kondisi di atas, segeralah panggil teknisi professional. Kerusakan AC dalam hal ini terkait dengan kompresor tidak bisa dianggap remeh dan harus segera diperbaiki.

Ada dua solusi untuk mengatasi kompresor AC yang rusak, yaitu:

  1. Memperbaiki
  2. Mengganti dengan yang baru
    Apabila unit AC Anda sudah terlalu tua, akan lebih baik jika mengganti dengan yang baru. Perbaikan kompresor umumnya sangat mahal, dan belum menjamin AC bisa bertahan lama.

Anda tidak perlu bingung untuk mencari teknisi profesional, karena di Aplikasi Sejasa atau website sejasa.com  tersedia jasa Service AC. Kami akan menghubungkan Anda dengan teknisi terbaik di bidangnya untuk melakukan pengecekan dan perbaikan unit AC. Cek harga jasa Service AC di sini.

Unduh Aplikasi Sejasa di Play Store atau Apple Store sekarang, dan dapatkan teknisi terbaik yang telah terverifikasi. Harga telah terstandarisasi dan layanan berkualitas. Garansi hingga 60 hari*.

Sejasa dapat melakukan perbaikan kompresor AC yang rusak