cara renovasi tangga rumah

5 Cara untuk Renovasi Tangga Rumah 

Tangga menjadi bagian penting pada rumah sebagai bagian yang memperkuat desain rumah bertingkat. Tangga rumah yang terlihat lusuh bisa memberikan kesan buruk, terutama saat terlihat oleh tamu yang datang ke rumah Anda. Pada kebanyakan kasus, tangga dalam keadaan ini memiliki fungsi yang kurang maksimal, sehingga perlu segera dilakukan renovasi tangga rumah. 

Apabila terdapat kerusakan tertentu pada bagian tangga, jangan sekalipun menyepelekannya. Hal ini dapat berdampak buruk pada penggunaan tangga dan bisa mengakibatkan kecelakaan. Konsultasikan dengan jasa tukang yang berkaitan mengenai hal ini, agar dapat segera dilakukan perbaikan. Berikut adalah cara renovasi tangga rumah yang bisa diterapkan.

Cara Renovasi Tangga Rumah

Buat Perencanaan

Perencanaan sangat penting dalam proses perbaikan dan renovasi bagian rumah, begitupun dengan tangga. Mulailah dengan memutuskan bagian mana yang ingin diubah sesuai dengan keadaan tangga. Mungkin Anda ingin mengubah tiang baru, pegangan tangan, spindel, atau anak tangga secara keseluruhan.

Kemudian, pilihlah desain seperti apa yang diinginkan. Anda bisa berkonsultasi dengan jasa renovasi atau tukang kayu yang berpengalaman dalam hal renovasi tangga rumah. Pastikan untuk mengetahui detail kebutuhan renovasi dengan baik agar saat proses renovasi Anda tidak bingung. Diantaranya adalah ukuran tangga, jumlah anak tangga, desain dan warna yang diinginkan.

Ganti Tangga dan Anak Tangga

Mulailah renovasi dari tangga dan anak tangga. Apabila di tangga Anda terdapat karpet, lepaskan terlebih dahulu. Jasa renovasi atau tukang akan mengukur anak tangga dan melakukan uji pemasangan. Setelah itu, lakukan pemasangan mulai dari anak tangga pertama, kedua, dan lainnya hingga selesai.

Renovasi Landing Area atau Bagian Pendaratan

cara renovasi tangga rumah

Beberapa tangga rumah memiliki area pendaratan. Anda dapat menggunakan winder steps atau tangga penggulung dan ekstensinya. Hitung jumlah yang kira-kira dibutuhkan dari area pendaratan belakang ke depan. Tambahkan 30mm untuk membuat winder steps. Kemudian ukur, potong, dan uji pasang bagian-bagian tersebut. Mulai dari bagian depan area pendaratan dan gunakan winder steps untuk menutupinya.

Ganti Tiang Baru

Sebelum mengganti tiang baru, lepaskan pegangan tangan, rel dasar, dan poros tangga lama. Kemudian, lakukan pemotongan pada tiang lama. Saat melakukannya, ketahuilah bahwa ada persyaratan ketinggian minimun saat memasang pegangan tangga yaitu 900 mm dari garis awal ke atas tiang.

Lanjutkanlah dengan memasang tiang baru. Buat lubang di tengah alas baru yang tersisa. Gunakan lem dan kencangkan dengan memasang sekrup melalui alas dan pasak. Untuk menyembunyikan celah antara alas dan tiang baru, gunakan konektor alas baru.

Pasang Pegangan Tangan dan Rel Dasar

Dengan melakukan renovasi tangga, Anda bisa memilih tangga kayu atau tangga kaca. Keduanya bisa dilakukan dan membutuhkan jasa yang berpengalaman. Anda bisa memesan pegangan tangan dan rel dasar sesuai dengan yang diinginkan.

Setelah pesanan selesai, lakukan pemotongan ke sudut tangga dan pemotongan panjang. Lakukan pemasangan dengan memulai pada rel dasar. Pastikan untuk memasangnya dengan benar dan untuk memusatkannya.

Pasang Spindel atau Panel Kaca

cara renovasi tangga rumah

Pastikan untuk mengetahui jumlah spindel yang dibutuhkan untuk tangga. Potong spindel pertama di sudut tangga dan pasang. Untuk pemasangan panel kaca, hitunglah jumlah panel yang diperlukan. Jarak antar panel pun tidak boleh lebih dari 99 mm. Lanjutkan pemasangan hingga selesai. Untuk mengetahui detail caranya lebih lanjut, Anda bisa klik di sini.

Apabila Anda membutuhkan jasa renovasi tangga, temukan penyedia jasa terbaik di aplikasi Sejasa atau website sejasa.com. Konsultasikan kebutuhan renovasi tangga rumah Anda bersama mitra Sejasa. Kami siap membantu proyek renovasi Anda agar lebih mudah, praktis, dan memberikan hasil yang maksimal.

cara renovasi tangga rumah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *