Ini 6 Jenis KerusakanTV LED, Serta Biaya Perbaikannya!

TV LED memiliki berbagai fitur canggih dan kian mendominasi saat ini. Pengalaman menonton pun lebih seru dan menyenangkan. Namun, bagaimana jika TV LED Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya?

Ada beberapa hal yang umumnya terjadi dan membuat TV LED Anda rusak atau tidak berfungsi dengan maksimal. Simak penjelasannya di bawah ini serta biaya perbaikannya.

Tentang TV LED

TV LED adalah televisi dengan layar datar, desain ramping, kualitas gambar yang lebih baik, dapat memproduksi gambar yang lebih tajam dan realistis.

Dengan berbagai kelebihan, maka tak heran TV LED menjadi favorit banyak orang. Beberapa produsen TV LED pun menawarkan fitur pemrosesan gambar digital dan fitur canggih lainnya yang tidak ditemukan pada jenis TV lainnya.

Kerusakan yang Sering Terjadi Pada TV LED

Seiring berjalannya waktu pemakaian TV, mungkin akan terjadi kerusakan atau disfungsi pada beberapa bagian tertentu.
Berikut adalah jenis kerusakan atau masalah yang umumnya terjadi pada TV LED:

Layar mengeluarkan gambar, tapi tidak ada suara

Hal ini biasanya disebabkan leh amplifier yang bermasalah atau eror pada memori.

Ada suara, tapi tidak ada gambar

Kondisi ini dapat terjadi karena masalah pencahayaan, misalnya komponen listrik terputus atau ada komponen yang harus diganti baru.

Layar TV gelap

Kemungkinan besar ada masalah pada unit catu daya. Umumnya ini dapat terjadi Ketika ada lonjakan pasokan input yang tiba-tiba, dan merusak kapasitor pada papan unit catu daya. Sebagai solusinya, Anda harus memanggil teknisi prefesional untuk melakukan penggantian kapasitor.

Layar TV bergaris

TV bergaris akan mengganggu kenyamanan Anda dalam menikmati tayangan. Hal ini biasanya disebabkan oleh rendahnya kekuatan sinyal kabel decoder yang tersambung TV LED. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan set-top box HD.

TV mati total

Seringkali, TV mati total disebabkan oleh IC osilator driver regulator yang rusak. Komponen ini berfungsi mengatur arus listrik yang dihasilkan oleh alternator agar selalu stabil.

TV terputus dari WiFi

Apabila hal ini terjadi pada TV LED Anda, maka yang perlu dicek terlebih dahulu adalah sumber masalahnya. Baik itu di TV maupun routernya. Apabila sambungan dari TV ke perangkat seluler bermasalah, maka kemungkinan masalahnya pada router. Dalam hal ini, Anda bisa memperbaharui firmware router atau menyetel ulang router ke setelah pabrik (setelan awal).

Biaya Perbaikan TV LED

Dengan beberapa jenis kerusakan pada TV LED, maka Anda perlu mengetahui biaya perbaikan TV LED saat ini.

Di Sejasa, tersedia jasa service TV yang mencakup perbaikan TV LED. Berikut adalah biayanya:

Jasa Harga
TV LED 31 inch ke bawah Rp250,000
TV LED 32 inch – 41 inch Rp300,000
TV LED 42 inch – 50 inch Rp400,000
TV LED 51 inch – 60 inch Rp575,000
TV LED 60 inch – 80 inch Rp650,000

Apabila membutuhkan jasa profesional untuk perbaikan TV LED, Sejasa.com siap membantu! Unduh Aplikasi Sejasa di Play Store atau Apple Store sekarang, dan Anda akan terhubung dengan teknisi Service TV terbaik. Tersedia garansi hingga 60 hari* setelah pengerjaan jasa.

layanan service TV Sejasa dapat melayani berbagai keperluan perbaikan TV