Ini Biaya Isi Freon Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu

Sebagai peralatan elektronik rumah tangga, kulkas memiliki komponen penting yaitu freon yang berfungsi mendinginkan makanan di kulkas. Apabila freon habis, maka harus segera diisi demi menjaga kesegaran makanan di kulkas. Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk pengisian freon kulkas?

Simak artikel di bawah ini untuk informasi lengkap tentang pengisian freon kulkas serta biayanya.

Freon Pada Kulkas dan Tekanan yang Ideal

Freon atau refrigerant adalah senyawa kimia yang berfungsi untuk menyerap panas, sehingga mampu membuat suhu dalam kulkas menjadi lebih dingin. Umumnya, freon untuk kulkas adalah jenis R134A yang bersifat stabil, tidak berbau, dan tidak mudah terbakar.

Tekanan freon kulkas 1 pintu dan kulkas 2 pintu umumnya normal, yaitu 10 psi. Untuk mengetahui tekanan pada freon, membutuhkan peralatan khusus yang hanya bisa dilakukan olek teknisi professional. Apabila menggunakan jasa Service Kulkas, teknisi akan mengecek tekanan ada freon untuk mengetahui kondisi kadar freon pada kulkas tersebut.

Tanda-tanda Freon Kulkas Sudah Habis

teknisi sedang mengecek freon kulkas

Sebelum mengetahui biaya isi freon kulkas, Anda perlu mengetahui apa saja yang jadi tanda-tanda atau ciri-kiri kondisi kulkas yang kehabisan freon. Nah, freon pada kulkas yang akan habis umumnya ditandai dengan beberapa kondisi, yaitu:

Kulkas Tidak Dingin

Apabila hawa pada kulkas mulai tidak dingin, bisa menjadi ciri-ciri berkurangnya zat freon. Ini bisa terjadi jika pemakaian kulkas sudah lebih dari 5 tahun.

Mulai Muncul Bau Tidak Sedap

Kulkas yang mulai mengeluarkan bau tidak sedap, meskipun ada isinya merupakan tanda freon mulai berkurang bahkan habis.

Hawa Kulkas Terasa Hangat

Kulkas yang mulai terasa hangat menjadi pertanda freon bocor atau habis. Kondisi ini akan membuat kinerja sistem kulkas semakin buruk.

Kompresor Mati

Kompresor mati dapat dipicu oleh relay PTC putus atau overload yang melindungi kompresor dari panas berlebih. Kompresor yang cepat panas dan mati juga bisa menjadi pemicu awal freon habis.

Tagihan Listrik Naik

Kenaikan tagihan listrik secara tiba-tiba dipicu oleh freonkulkas. Ini bisa terjadi karena mesin kulkas bekerja ektra akibat freon habis dan terus dibiarkan.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Isi Freon Kulkas?

Pengisian freon kulkas umumnya dilakukan setelah 5 tahun lamanya pemakaian sejak awal dibeli. Tapi, ini tergantung pada cara pengguna dalam merawat kulkas sehari-hari.

Biaya Isi Freon Kulkas

Sejasa sebagai platform penyedia jasa terlengkap di Indonesia menyediakan jasa isi freon kulkas. Anda bisa mendapatkanya dengan memilih kategori jasa Service Kulkas.

Berikut adalah biayanya:

Jasa Harga
Isi freon kulkas 1 pintu Rp250.000
Isi freon kulkas 2 pintu Rp350.000
Biaya jasa pengecekan Rp75.000
Biaya jasa service penggantian sparepart Rp100.000

Di Sejasa.com, terdapat ribuan teknisi service kulkas professional yang siap melayani kebutuhan Anda. Tersedia garansi berupa perbaikan ulang hingga 60 hari setelah pengerjaan. Unduh Aplikasi Sejasa di Play Store atau Apple Store dan pesan jasanya sekarang!

layanan service kulkas Sejasa dapat mengerjakan isi freon kulkas