AC bocor

AC Bocor Setelah Dicuci? Ini 4 Penyebabnya

Permasalahan AC bocor merupakan hal klasik yang sering terjadi pada indoor AC. Apabila kondisi ini terjadi, Anda harus mengetahui apa penyebabnya serta cara untuk mengatasinya agar AC bisa bekerja dengan maksimal kembali.

Penyebab utama AC bocor umumnya adalah karena penumukan debu dan ertumbuhan jamur, pipa AC yang sudah tua, dan beberapa sebab lain. Namun, bagaimana apabila AC bocor setelah dicuci atau dibersihkan?

Ternyata, pada kenyataannya juga bisa bocor setelah dilakukan service cuci. Pastikan Anda membaca artikel ini hingga akhir untuk tahu sebab AC bocor setelah dicuci dan cara mengatasinya.

4 Penyebab AC Bocor Setelah Dicuci

Pipa Suction Bocor

Pipa suction merupakan salah satu komponen di dalam unit AC yang terbuat dari tembaga. Ini berfungsi untuk mengalirkan Udara dingin hingga 10 derajat celcius dari kompresor.

pipa suction bocor

Agar suhu dingin tersebut tidak menyebabkan kondensasi, penting untuk membungkus pipa ini dengan material khusus yang disebut Armaflex. Apabila lapisan Armaflex rusak atau pipa suction bocor, akan terjadi kondensasi yang mengakibatkan air menetes dari unit AC. Sebagai solusinya, Anda dapat mengganti Armaflex.

Kesalahan Dalam Pemasangan AC

teknisi Sejasa melakukan pemasangan AC

Saat proses pencucian unit AC, maka akan dilakukan pembongkaran unit. Apabila bongkar dan pasang dilakukan sembarangan, maka nantinya bisa berpotensi kebocoran pada AC.

Beberapa kekeliruan yang mungkin terjadi adalah pada posisi lubang pembuangan air. Seharusnya, posisinya agak miring ke belakangan untuk memperlancar air menuju pipa pembuangan.

Maka dari itu, Anda harus mengecek posisi unit indoor AC tersebut dan memeastikan semuanya terpasang dengan benar. Dengan mengatur posisi lubang pembuangan dengan benar, Anda dapat mengatasi kebocoran tersebut.

Kompresor Rusak

Kompresor merupakan komponen AC yang berfungsi mengalirkan freon sehingga mengubahkan jadi Udara dingin. Untuk mengatasinya, Anda harus mengganti kompresor atau melakukan service kembali.

Freon Kurang

Freon berfungsi untuk mengubah udara jadi lebih dingin. Apabila AC tidak terasa dingin, maka bisa jadi jumlah freonnya kurang dari 50 psi, sehingga menimbulkan kebocoran.

Hal ini akan menimbulkan munculnya bunga es di evaporator, sedangkan ruangan tidak dingin. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengecek tekanan gas pada refrigeran.

Cara Mengatasi AC Bocor

Melakukan perawaran unit AC dengan rutin menjadi suatu keharusan demi mencegah kebocoran AC. Berikut 2 cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi AC bocor:

  1. Pembersihan unit, mulai dari filter hingga kompresor
  2. Pengecekan komponen lainnya pada unit AC

Dengan melakukan dua hal di atas secara rutin, Anda bisa mengetahui detail kondisi unit. Apabila ditemukan masalah, maka bisa segera diperbaiki esuai kebutuhan agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih besar.

Apabila membutuhkan jasa service AC, Sejasa.com siap membantu! Unduh Aplikasi Sejasa di Play Store atau Apple Store sekarang, dan Anda akan terhubung dengan teknisi profesional. Garansi pengerjaan jasa hingga 60 hari.*

AC bocor dapat dibantu perbaikan oleh jasa Service AC Sejasa