ac bocor dan freon bocor

Apa Bedanya AC Bocor dan Freon Bocor? Ini Jawabannya

Saat mengetahui kondisi AC bocor, Anda pasti sangat khawatir dan risih. AC yang bocor bisa terjadi akibat kebocoran air atau kebocoran freon/refrigeran yang ada di dalam sistem AC. Terdengar mirip, namun keduanya adalah kondisi yang berbeda. Baik itu penyebab serta tanda-tanda bocornya.

Pastikan Anda menyimak artikel ini sampai akhir karena Tim Sejasa telah merangkum informasinya!

Kebocoran Air pada AC

Kondisi ini dapat didefinisikan ketika keluarnya air dari unit indoor AC. Ciri-ciri atau tanda adanya kebocoran terlihat dari tetesan air di sekitar unit AC atau air menetes dari plafon.

AC bocor yang mengeluarkan tetesan air
Berikut adalah beberapa penyebab keluarnya air pada AC:

Filter udara tersumbat

Filter udara yang tersumbat dapat menghambat aliran udara pada sistem pendingin. Hal ini juga menyebabkan pembekukan udara, sehingga berubah menjadi es. Saat Anda mematikan AC, es pada filter akan mencair dan menimbulkan kebocoran.

Saluran pembuangan tersumbat

Banyaknya kotoran yang menumpuk pada salurn pembuangan akan menghambat aliran air keluar, sehingga bisa menimbulkan kebocoran.

Filter AC sangat kotor

Filter AC yang kotor menyebabkan aliran udara ke evaporator terhambat, sehingga terjadi penurunan suhu. Kondisi ini membuat kumparan membeku. Ketika AC dimatikan, sistem internal AC akan panas, sehingga es akan mencair keluar unit AC.

Jarang merawat AC

Merawat AC sejalan dengan rutin mencuci dan memeriksa kondisi komponennya. Salah satunya adalah kumparan evaporator yang apabila kondisinya berkarat, dapat memicu kebocoran.

Sewaktu-waktu, jika menemukan air menetes dari sistem AC, maka bisa jadi saluran pembuangannya tersumbat. Hal ini terkadang juga disebabkan oleh filter AC yang kotor, sehingga menyebabkan aliran udara ke evaporator terhambat dan terjadinya penurunan suhu.

Untuk masalah kebocoran air pada AC ini, umumnya bisa diperbaiki lebih mudah oleh teknisi profesional. Ini disebabkan oleh permasalahannya yang masih berhubungan dengan sistem pembuangan air. Teknisi akan melakukan pengecekan menyeluruh pada unit AC Anda untuk mengetahui penyebab pastinya, serta memberikan solusi terbaik.

Kebocoran Freon/Refrigeran Pada AC

Kebocoran refrigeran terjadi saat cairan pendingin yang berfungdi menyejukkan udara di dalam sistem AC bocor dan keluar dari sistem yang tertutup. Hal ini biasanya ditandai dengan penurunan kinerja AC berupa udara yang keluar tidak dingin atau hangat, peningkatan konsumsi listrik, serta munculnya es pada pipa.

Penyebab dari kebocoran refrigeran yaitu: 

Kesalahan saat pemasangan

Beberapa kesalahan yang menyebabkan kebocoran freon yaitu:

  • Sambungan pipa tidak kencang
  • Pengelasan tidak sempurna
  • Flaring pipa retak atau pecah

Komponen yang rusak

Seiring berjalannya waktu, komponen pada AC akan rusak dan aus, sehingga berdampak pada kebocoran freon. Umumnya kebocoran refrigeran terjadi di beberapa tempat ini:

  • Kumparan evaporator
  • Kumparan kondesor
  • Akumulator

Minimnya perawatan pada unit AC

AC yang tidak dilakukan perawatan rutin akan rentan mengelami kebocoran freon. Pemicunya adalah karena kotoran dan debu menumpuk, sehingga bisa menyebebkan kerusakan hingga kebocoran.

Ini biasanya merupakan kebocoran yang tak kunjung hilang dan tidak dapat diperbaiki. Hal yang dapat dilakukan adalah menggantinya dengan komponen baru.

Lokasi Kebocoran Refrigeran pada Sistem AC

Ada beberapa jenis kebocoran pada refrigeran:

  1. Kebocoran tetap
    Kebocoran ini adalah yang paling umum terjadi. Ini bisa dideteksi saat unit AC dalam keadaan mati.
  2. Kebocoran yang bergantung pada tekanan
    Ini akan ditemukan saat tekanan meningkat dalam sistem pendingin.
  3. Kebocoran yang bergantung pada suhu
    Kondisi ini terjadi apabila adanya penyumbatan kondensor atau selama waktu pencairan es atau ketika udara di sekitar tinggi. Kebocoran jenis ini terjadi dengan panas yang mengembang.
  4. Kebocoran yang bergantung pada getaran
    Ini hanya terjadi saat unit AC dinyalakan. Jika seiring waktu pipa refrigeran bergesekan dengan komponen lain dalam sistem, akan menimbulkan getaran.

Mengatasi Kebocoran Freon/Refrigeran

Secara umum, kebocoran refrigeran akan diatasi oleh teknisi profesional. Seperti pada poin sebelumnya, bahwa penyebab kebocoran refrigeran adalah karena kesalahan pasang, komponen yang rusak, serta kurangnya perawatan. Oleh karena itu, cara terbaik adalah dengan memanggil jasa teknisi profesional, lalu mengganti komponen yang rusak. Selain itu, pastikan untuk melakukan service rutin pada unit AC Anda.

Tips Pencegahan Kebocoran Air dan Freon/Refrigeran Pada AC di Masa Depan

Untuk pencegahan adanya kejadian kebocoran air maupun freon pada AC di masa depan, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut:

  1. Service AC berkala, minimal 6 bulan sekali
  2. Bersihkan filter AC secara rutin
  3. Periksa kondisi pipa dan sambungan AC secara berkala
  4. Gunakan unit AC dengan hati-hari dan hindari penggunaan secara berlebihan
  5. Jika unit AC bekerja tidak semestinya atau tidak normal, segera panggil jasa profesional untuk pengecekan

Apabila sewaktu-waktu unit AC Anda memperlihatkan tanda kebocoran, maka jangan panik dan segera panggil teknisi profesional Sejasa. Teknisi terbaik akan membantu untuk melakukan pengecekan pada AC dan perbaikan sesuai dengan masalahanya. Pesan jasa service AC hanya di aplikasi Sejasa atau website Sejasa.comGaransi hingga 60 hari.*

beda ac bocor dan freon bocor