AC berisik sangat mengganggu

AC Mengeluarkan Suara Berisik? Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Unit indoor atau outdoor AC mengeluarkan suara hingga berisik? Mungkin, ada masalah yang berpotensi pada kerusakan lho! Jangan abaikan hal ini, dan cek artikel di bawah ini untuk tahu penyebab hingga solusinya.

Ya, seperti kebanyakan alat elektronik pada umumnya, AC dapat mengalami penurunan performa karena sudah bertahun-tahun digunakan. Seiring bertambahnya usia pemakaian, sistem dan mesin pada AC bisa rusak dan membuatnya tidak bekerja maksimal. Salah satu hal yang dapat menjadi pertanda rusak adalah AC mengeluarkan suara yang berisik dan mengganggu kenyamanan Anda di rumah.

Apakah AC yang Berisik itu Normal?

Suara yang berderit dengan ada tinggi, benturan, suara klik, dan suara keras lainnya yang keluar dari unit AC menandakan ada hal yang perlu diganti atau diperbaiki. Hal ini tentu tidak normal.

Apabila Anda mendengar dengungan yang berbeda dari biasanya, maka segera panggil jasa perbaikan profesional.

Penyebab AC Mengeluarkan Suara Berisik

Terlihat sepele, tapi AC yang berisik dapat berpotensi kerusakan. Di bawah ini adalah beberapa penyebabnya.

AC Kotor

Kondisi AC yang kotor pada bagian kipasnya akan membuat putaran tidak seimbang. Hal ini menyebabkan kompresor bekerja lebih keras, sehingga menyeluarkan bunyi getaran yang berisik.

Dengan kondisi ini, AC harus dibersihkan dan diservice rutin setiap 3 atau 6 bulan sekali tergantung frekuensi pemakaiannya. AC yang bersih tentu akan membuat kinerja sistem lebih optimal.

Posisi Pemasangan AC Kurang Tepat

Terdengarnya suara berisik pada AC bisa terjadi akibat pemasangan yang kurang tepat, sehingga baut pada AC jadi longgar dan mudah lepas. Jika kondisi ini terjadi, maka segera cek bautnya dan kencangkan agar posisi AC lebih baik.

Sirkulasi Refrigeran Terganggu

Kemungkinan hal ini bisa menjadi penyebab AC berisik adalah karena adanya kesalahan saat instalasi AC. Sebagai solusi, Anda bisa menyedot bagian dalam AC. Setelah itu, ganti cairan freon agar suara bising hilang dan angin yang dikeluarkan AC dapat kembali dingin.

Kipas AC Rusak

unit outdoor AC

Jika Anda cek pada outdoor AC, maka terdapat komponen berupa kipas. Ketika kipas ini patah atau bahkan rusak, tentu akan mempengaruhi komponen lain dan menimbulkan suara bising yang sangat mengganggu.

Sebagai solusinya, Anda bisa mengganti kipas yang patah dengan kipas baru, kemudian memasangnya.

Belt AC yang Longgar

Apabila belt atau sabuk pada AC terpasang longgar, dapat menimbulkan suara berisik dari AC. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengatur belt ke posisi yang lebih tepat. Jika dirasa belt tersebut bermasalah, maka Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

AC yang mengeluarkan suara berisik tentu sangat mengganggu kenyamanan Anda dan keluarga. Maka dari itu, pastikan untuk rutin melakukan maintenance atau service AC. Ini sangat penting agar sistem AC berjalan dengan optimal dalam mendinginkan ruangan. Selain itu, rutin service akan membuat AC lebih terjaga dan terawat kualitasnya ngga beberapa tahun ke depan.

Apabila AC di rumah Anda bermasalah atau mulai terdengar suara berisik atau mendengung yang tidak normal, itu tandanya harus segera dicek oleh teknisi professional. Di Sejasa, Anda dapat menemukan jasa Service AC yang berpengalaman.

Kunjungi website sejasa.com dan unduh Aplikasi Sejasa di Play Store atau Apple Store untuk pesan jasa Service AC. Tersedia garansi hingga 60 hari setelah pengerjaan. Layanan Sejasa bisa dipesan untuk hari yang sama, dengan pengerjaan pukul 08.00 hingga 20.00 WIB.

jasa Service AC Sejasa dapat mengecek AC berisik