Vakum AC Baru, Apakah Harus Dilakukan?

Setelah pemasangan AC baru, ada satu hal yang penting dilakukan, yaitu proses vakum. Jika Anda merupakan pengguna baru AC dan masih belum paham seluk beluk penggunaan AC, maka Anda berada di artikel yang tepat. Tim Sejasa akan menyajikan informasi detail terkait pentingnya vakum AC baru dan manfaatnya bagi unit AC. Simak sampai akhir yuk!

Apa Itu Proses Vakum Pada Unit AC?

Dalam lingkup pemasangan unit AC, vakum merupakan proses penting yang tidak boleh diabaikan. Vakum adalah proses penghilangan uap air dan udara dari system AC dengan menggunakan perangkat khusus.

Layaknya vacuum cleaner yang berfungsi untuk menyedot dan menghilangkan debu, maka vakum pada AC berfungsi untuk menyedot atau menghilangkan kelembaban dan udara dari pipa AC.

Kapan Sebaiknya Vakum AC Baru?

vakum AC baru

Setelah AC baru dipasang dengan baik unit indoor maupun outdoor, maka selanjutnya adalah proses vakum. Vakum harus dilakukan sebelum mengisi refrigerant. Dengan begitu, penggunaan AC lebih efisien dan aman.

Alasan Pentingnya Vakum AC Baru

Vakum merupakan proses penting dalam pemasangan unit AC baru, namun kadang diabaikan. Berikut adalah 5 alasan penting melakukannya:

Dapat Menghilangkan Uap Air dan Udara pada Kompresor

Vakum pada sistem AC akan memastikan bahwa uap air dan udara akan dikeluarkan, sehingga ini bisa menjaga komponen penting seperti kompresor.

Pengisian Refrigeran Lebih Tepat

Sebelum mengisi refrigerant ke dalam sistem AC, kondisinya harus benar-benar bersih dari uap air maupun udara.

Dapat Mendeteksi Kebocoran

Ketika sistem AC dalam kondisi vakum, maka tekanannya harus rendah. Apabila tekanannya meningkat, maka ini menjadi pertanda adanya kebocoran dalam sistem AC, sehingga harus diperbaiki sebelum mengisi ulang refrigerant.

Meningkatkan Kualitas AC

Proses vakum akan mengeluarkan semua kotoran pada mesin, sehingga tidak ada serpihan kecil apapun yang mungkin bisa merusak AC.

Selain itu, kualitas AC jadi lebih optimal karena angin yang dikeluarkan akan terasa dingin maksimal. Kualitas mesinpun lebih terjaga dan tahan lama.

Berapa Lama Vakum AC Baru?

Umumya, proses vakum AC baru akan memakan Waktu 30 menit hingga 1 jam. Dengan pompa vakum khusus, uap air dan udara yang ada di dalam sistem AC akan disedot.

Berapa Biaya Vakum AC Baru?

Di Sejasa, biaya jasa service telah terstandarisasi, sehigga pelanggan aman merasa lebih aman dan adanya transparansi biaya. Untuk proses vakum AC baru, pelanggan dikenakan biaya Rp150.000. Cek biaya service AC lainnya di sini.

Untuk memastikan kondisi pemasangan AC baru lebih maksimal, tentu Anda harus memanggil jasa yang professional. Di Sejasa, kami menyediakan jasa pemasangan AC serta jasa tambahan berupa vakum.

Jika Anda membutuhkan bantuan, maka segera kunjungi website sejasa.com atau Aplikasi Sejasa. Kami akan menghubungkan Anda dengan penyedia jasa professional di bidang perbaikan AC. Tersedia garansi hingga 60 hari* setelah pengerjaan pertama.

Sejasa dapat mengerjakan vakum AC baru